Welcome to My Blog

23 September 2011

Cara mudah Menyelesaikan Soal Integral Dengan Menggunakan Aplikasi Maple 9.5

Maple adalah sebuah program aplikasi yang dibuat untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan berbagai persoalan matematika, mulai dari yang paling mudah seperti operasi penjumlahan, perkalian dan pembagian sampai dengan persoalan yang lebih kompleks seperti persoalan limit, integral, turunan dan sebagainya. Dibawah ini akan dijelaskan trik atau cara dalam menyelesaikan persoalan matematika, yang dalam hal ini digunakan contoh yaitu cara menyelesaikan soal integrasi.
Example : tentukan turunan dari fungsi 5×3+3×2+4 Langkah-langkah menyelesaikan soal di atas dengan aplikasi maple 9.5 adalah sbb :
1. buka program aplikasi maple dengan men-double klik icon maple 9.
5 yang ada di layar desktop komputer atau laptop anda, sehingga akan muncul gambar seperti dibawah ini :


2. klik tools kemudian pilih Tutors  calculus-single variable  Integration Methods . :

Sehingga muncul gambar seperti di bawah ini
3. setelah muncul gambar seperti diatas isilah pada kolom Function fungsi yang akan di integralkan, dalam hal ini kita gunakan contoh 5×3+3×2+4, maka ketik di kolom tersebut 5*x^3+3*x^2+4 kemudian klik Hint maka akan muncul seperti di bawah ini :

4. Untuk mengetahui hasil integrasi klik File kemudian pilih show all step untuk mengetahui hasil beserta langkah-langkahnya atau klik final Answer untuk menampilkan jawabannya saja. Sehingga di dapatkan hasil seperti di bawah ini :

Dan hasilnya seperti di bawah ini ketika memilih show all step :

Demikianlah sekilas tentang cara menggunakan aplikasi maple 9.5 untuk menentukan integral dari suatu fungsi. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semua.


Source : http://puspadevianti.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Indah Anggreni...... Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree